Berita

Diskominfo bangga , Akhirnya 3 Desa di Lombok Tengah masuk 10 besar DGIP 2023
Blog Single

Diskominfo bangga , Akhirnya 3 Desa di Lombok Tengah masuk 10 besar DGIP 2023

Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Desa Kawo Kecamatan Pujut, dan Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur merupakan 3 desa dari 10 desa yang di ajukan ke Komisi Informasi  mewakili Lombok Tengah untuk penilaian Lomba Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tingkat NTB 2023. Penilaian DGIP dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan mengunjungi langsung masing-masing desa, Selasa, 1 Agustus 2023.


Sebelumnya PPID Utama dari Diskominfo telah melakukan monitoring dan evaluasi ke 10 desa yang di ajukan ke komisi informasi untuk melakukan pembinaan dan akhirnya hanya 3 desa yang dapat lolos untuk masuk ke penilaian 10 besar dari 80 desa se Nusa Tenggara Barat.

Ketiga desa tersebut dipandang sebagai desa yang secara aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat luas melalui Pejabat Pengelola Informasi Desa (PPID) desa masing-masing. 

Kadis Kominfo Lombok Tengah, Drs. H. Muhammad, menyampaikan bahwa 3 desa tersebut memang layak menjadi DGIP. Ketiga desa ini telah menjalankan mekanisme penyebaran informasi melalui PPID desa yang telah dibentuk. "Kami berharap desa kami mendapatkan pembinaan lebih jauh dari Komisi Informasi NTB, sehingga nantinya ada yang bisa mewakili NTB di tingkat nasional" kata H. Muhammad. 


Tim visitasi Komisi Informasi NTB dalam kunjungannya ke 3 desa tersebut menekankan agar pemerintah desa meningkatkan kualitas PPID desa. Sistem informasi yang disampaikan melalui website juga agar secara rutin diperbaharui. "Pemerintah desa harus dapat memanfaatkan perkembangan digital sebagai media untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik, sehingga tidak perlu muncul sengketa informasi publik" kata Drs. H. M. Zaini, salah satu komisioner KI NTB yang hadir sebagai tim visitasi. ( PIKP-Diskominfo)


Related Posts: