Templates by BIGtheme NET

Mengembalikan Akun Facebook yang Dibobol

Sebenarnya untuk mengatasi akun Facebook yang bermasalah, kita bisa memanfaatkan Pusat Bantuan Facebook (Help Center). Jika kita merasa bahwa akun Facebook kita dibobol/ diretas/ di-hack, kita bisa melaporkan akun yang dihack tersebut ke alamat ke https://id-id.facebook.com/hacked. Laporan ini dapat dilakukan dalam Bahasa Inggris maupun dalam Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, ada dua form yang dapat digunakan untuk verifikasi akun kita, namun dua form format lama dari mekanisme untuk mendapatkan kembali akun Facebook yang di-hack, sudah tidak dapat dipakai lagi, dan satu form yaitu https://ssl.facebook.com/help/contact.php?show_form=hacked_self_recovery di-redirect ke https://www.facebook.com/hacked atau versi Bahasa Indonesianya https://id-id.facebook.com/hacked (Ini menyesuaikan dengan lokasi atau pengaturan bahasa dalam Facebook yang kita pilih). https://www.fb.com/hacked juga akan di-redirect ke https://www.facebook.com/hacked

Sebelum Anda melaporkan akun yang dibobol oleh pengguna lain di Facebook, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan bagaimana cara mengembalikan Facebook yang di-hack, yaitu:

  • Email: email yang digunakan pada saat log in di Facebook (username), atau Nomor Telepon: nomor telepon seluler yang Anda daftarkan di Facebook, atau Username: username Facebook yang Anda buat melalui form https://www.facebook.com/username
  • atau Nama Anda dan nama teman Anda: Disini Anda perlu mengingat salah satu nama teman di akun Facebook Anda. Teman yang menurut Anda dapat dipercaya dan dapat dihubungi via telepon.
  • Siapkan password yang Anda ingat sebelum akun Facebook Anda dibobol, bisa juga password lama Anda.
  • Siapkan email baru, jika email Anda yang digunakan di Facebook tidak juga dapat diakses.
  • Jika Anda membuat pertanyaan keamanan Facebook sebagai salah satu cara meningkatkan keamanan Facebook Anda, harap mengingat jawaban pertanyaan keamanan tersebut.
  • Siapkan file scan ID Anda yang masih berlaku (KTP atau SIM).
  • Persiapan terakhir (PENTING!) adalah pastikan data yang Anda input nantinya berada pada halaman Laporkan Akun yang Dibobol (Report Compromised Account) dengan alamat url https://www.facebook.com/hacked atau https://id-id.facebook.com/hacked, hanya di Facebook, bukan dari pihak ketiga. Tentu Anda tidak ingin mengambil risiko infomasi yang sensitif dalam akun Facebook Anda jatuh pada pihak ketiga.

Setelah semua Anda persiapkan, langkah selanjutnya untuk mengembalikan akun Facebook yang di-hack adalah:

  1. Masuk ke halaman Laporkan Akun yang Dibobol (Report Compromised Account).https://www.facebook.com/hacked dan tekan tombol Akun Saya Dibobol (My Account Is Compromised).

laporkan-akun-yang-dibobol

  1. Selanjutnya Anda akan dituntun ke halaman identifikasi akun Facebook. Tersedia dua kolom yaitu kolom atas untuk mengisi email atau nomor telepon atau username. Kolom bawah untuk mengisi nama Anda dan nama teman Anda. Pilih salah satunya saja sesuai dengan data yang Anda punya kemudian tekan tombol Cari (Search).

identify-your-account

  1. Jika identifikasi akun Anda cocok (gambar profil dan nama), kemudian tekan tombol Ini Akun Saya (This is My Account).

identifikasi-akun-edit

  1. Akan muncul tampilan halaman Masukkan Kata Sandi Saat Ini atau Lama (Enter a Current or Old Password). Masukkan kata sandi Anda dan tekan tombol Lanjutkan (Continue).

masukkan-kata-sandi-edit

  1. Kemudian akan ada halaman pemberitahuan jika Anda merasa bahwa seseorang telah menggunakan akun Facebook Anda tapa izin atau ada gangguan virus, maka pihak Facebook akan menawarkan bantuan. Pilih Lanjutkan.amankan-akun-anda
  2. Jika ada pemberitahuan bahwa kata sandi Anda telah diganti pada waktu tertentu serta pertanyaan apakah Anda mengingat perubahan ini. Jika Anda memang tidak pernah merasa melakukan penggantian password dan Anda yakin Facebook Anda telah dibobol, tekan tombol Tidak (No).
  1. Langkah selanjutnya untuk mengembalikan Facebook yang di-hack akan berbeda-beda untuk setiap kasus seseorang. Jika data keamanan dalam Facebook Anda belum diganti, akan lebih mudah untuk mendapatkan kembali akun Facebook Anda. Anda tinggal memilih, apakah reset password akan dikirimkan ke email atau melalui SMS ke nomor telepon Anda, atau Anda ingin melakukan penguncian sementara (Lock My Account).
  1. Selanjutnya Anda hanya menunggu konfirmasi dari Facebook yang dikirim melalui email atau SMS untuk mengembalikan Akun Anda.

Masalah yang mungkin terjadi saat mencoba merecovery Akun Facebook Anda

Email Anda tidak dapat diakses dan tidak ada nomor telepon pada Akun Anda, maka cara mengembalikan Facebook yang di-hack dalam kasus ini adalah pada halaman Reset Your Password terdapat tautan No longer have access to these?, klik  tautan tersebut, kemudian Anda harus mempersiapkan email baru untuk melanjutkan langkah recovery akun Anda selanjutnya. Dari sini ada beberapa kemungkinan kasus yang terjadi:

  1. Jika Anda menyertakan pertanyaan keamanan Facebook sebelumnya, Anda cukup mengisi jawaban pertanyaan tersebut dan Facebook akan mengirimkan tautan yang ada di dalam email baru Anda untuk langkah selanjutnya. Klik tautan tersebut dan akun Anda akan di kunci sementara oleh Facebook untuk ditinjau ulang. Anda harus menunggu selama 24 jam untuk proses pengembalian akun Anda, dan setelahnya Facebook akan mengkonfirmasi melalui email baru Anda.
  1. Jika Anda tidak menyertakan pertanyaan keamanan untuk akun Anda, kemungkinan besar Anda akan dibawa ke halaman Recover Your Account Through Friends, artinya pengembalian Akun Facebook Anda akan dibantu oleh teman Anda. Jadi Anda harus memilih teman yang dapat dipercaya untuk membantu serta dapat dihubungi via telepon. Langkah recovery akan dikirimkan oleh Facebook yang ada di email teman Anda, email yang digunakan dalam akun Facebooknya. Jadi hubungi teman Anda untuk memeriksa emailnya. Jangan mengirim isi email tersebut lewat SMS atau mengirim lewat email, langsung saja diberitahukan lewat telepon mengenai apa isi email tersebut. Isi email tersebut adalah cara terakhir untuk mengembalikan Facebook Anda yang di-hack atau dibobol.

Tips Jalan Buntu Mengembalikan Facebook yang Dibobol

Untuk menghindari kegagalan dalam mengembalikan akun Facebook Anda yang dibobol, ingatlah untuk selalu mengisi form recovery dengan data dan informasi yang Anda ketahui, jika benar- benar terjadi sesuatu dengan akun Anda, pihak Facebook akan menghubungi Anda melalui email yang Anda sertakan. Akan tetapi pihak Facebook tidak akan mengkonfirmasi apapun jika memang tidak ada kejanggalan dalam akun Anda atau jika terjadi kesalahan oleh pihak Facebook.

Dalam kasus tertentu, di mana Anda sudah mencoba berbagai cara namun gagal, misalnya email atau nomor telepon sudah diganti oleh orang lain (pembobol), Facebook akan meminta bukti bahwa pemilik akun yang dihack tersebut adalah benar-benar Anda dengan meminta bukti identitas Anda. Solusi: Jika Anda berkepentingan untuk menyelamatkan akun Facebook tersebut, maka Anda harus mengunggah (upload) scan KTP/SIM Anda yang masih berlaku untuk diperiksa oleh tim keamanan Facebook.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan akun Facebook Anda yang dihack/dibobol/diretas.  Semoga penjelasan mengenai cara mengembalikan akun Facebook yang dibobol tersebut bermanfaat dan proses pengembalian akun Anda dapat berjalan lancar.

Gunakanlah media sosial untuk hal-hal yang positif dan hindarkanlah melalkukan pelanggaran hukum dengan melanggar ketentuan-ketentuan yang telah diatur oleh UU atau penyedia layanan Facebook. Ketentuan dalam penggunaan Facebook dapat dilihat di https://www.facebook.com/policies/ Jika terjadi pelanggaran hukum, tidak menutup kemungkinan akun Facebook Anda diambil alih oleh pihak yang berwenang (dmb).

Referensi:
Facebook Help Center 
http://www.jevuska.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful